Chiptune di Indonesia

Posted by nirwan.hadiprabowo | Posted in | Posted on 12:56 AM

Chiptune di Indonesia bisa di katakan berawal pada tahun 2006. Hanya segelintir musisi yang mencoba musik seperti ini. Pada awal tahun 2007, segelintir musisi tersebut hanya bertemu dan membahas musik ini di myspace. Dari situ terbesit lah suatu ide untuk membuat suatu event tempat berkumpulnya para musisi chiptune yaitu Pestamikro.

Road Block

Pada akhir 2006 CMM dan JW86 mempunyai sebuah misi dalam mengedukasi masyarakat dengan musik chiptunes, misi tersebut mulai menemukan titik terang disaat JW86 dan CMM mengadakan "gigs" di jalan raya guna menarik perhatian khalayak masyarakat.

Gigs seperti ini terinspirasi dari rekan sejawat yang mengusung musik chiptune di Eropa, Amerika dan Jepang. Pada salah satu acara yang dilakukan dengan serupa atau gigs mendadak dijalan raya oleh JW86 dan CMM dinobatkan menjadi ”RoadBlock". Alhasil dari Road Block ini muncullah musisi-musisi chiptune baru pada waktu itu, seperti Local Drug Store, Pickney dll.


Pestamikro



Pestamikro adalah festival musik chiptune tahunan pertama di indonesia dan bertaraf international. Menampilkan performance dari para musisi chiptune handal baik lokal maupun manca negara. Bertujuan untuk merealisasikan tali persaudaraan, mendukung semangat juang antar musisi, dan tempat bertukar pikiran dan unjuk kebolehan dari para musisi. Konsep “sederhana” dengan hasil yang “maksimal”

Pesta Mikro Vol. 1 diselenggarakan dipertengahan tahun 2007 di jakarta yang menampilkan 7 musisi chiptune lokal diantaranya Curah Melodia Mandiri (CMM), Jake Whale 86 (JW86), Arcade Playmate dan Godard. Musisi Chiptune yang mendukung Pesta Mikro Vol 1 tersebut juga berasal dari luar Jakarta, seperti Local Drug Store dari Bandung, Cacat Nada dari Jogjakarta, Hellostereo! dari Semarang dan Godard dari Bali.

Pestamikro Vol.2 diselenggarakan pada 13 desember 2008. bertempat di rossi musik fatmawati, menampilkan 8 artis Indonesia dan 1 artis luar Indonesia, yaitu je deviens dj en 3 jours dari (nice, perancis), cacat nada (jogjakarta), jw86 (jakarta), DYZTRK (jakarta), turboblip (bogor), Local Drug Store (bandung), Bit the medusa (jakarta) dan hellostereo (semarang).




Indonesian Chiptune



Setelah suksesnya event Pestamikro Vol.1 pada tahun 2007, banyak sekali bermunculan projek2 chiptune lainnya. Agar para pergerakan musisi nya tetap aktif dan karena banyaknya permintaan mengenai info chiptune musik ini, kita sepakat mendirikan sebuah komunitas chiptune dengan nama “Indonesian Chiptune”. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan presentasi mengenai chiptune musik ini ke public, mengadakan acara gathering para musisi chiptune dan menjalin hubungan dengan komunitas chiptune dunia. Indonesian chiptune telah hadir beberapa kali di hadapan public diantara di ‘Toys fair’ dan “urban fest 2008’.




@ Toysfair 08

@ urbanfest 08

More info www.myspace.com/indonesianchiptunes

Salah satu hasil buah karya komunitas ‘Indonesia Chiptune’ yang lain adalah “Pocket Operator”.


Pocket Operator

Pocket operator adalah mini event komunitas chiptune di indonesia. Acara ini bertujuan untuk menjaga agar komunitas ini tetap aktif, kreatif dan selalu memberikan sesuatu hal baru yang fresh. Di setiap event kita akan selalu memberikan ruang untuk pergerakan kultur modern-retro. Oleh karena itu, kita mengadakan kolaborasi dengan komunitas seni lainnya untuk mendukung tema di setiap event.

Event ini adalah tempat berkumpulnya para pencinta chiptune musik dan pencinta karya seni bertemakan video game. Mengingat kan kita kepada konsole game klasik yang mendapatkan support dan antusias dari setiap generasi. Di event ini, kita akan menampilkan beberapa performance dari musisi-musisi chiptune handal dan DJ yang akan memutar kan lagu-lagu chiptune. Dan juga, kolaborasi dengan komunitas seni untuk membuat mini art exebition di dalam satu event.



source musiktek.com

Comments (2)

musisi chiptune yang gw tau " as i lay dying"
wan bahas metal dong
\m/

How to open a casino account on a slot machine
What is 사설토토 개설 샤오미 a slot machine? A 해외 축구 배당 slot machine is a type 메이저 놀이터 추천 of game in which the players try to win more than 토토 유저 the money they win. In this example, a player makes a bet 먹튀검증소 and wins

Post a Comment