Funkot, Musik Asli Indonesia yang Dipandang Sebelah Mata

Posted by nirwan.hadiprabowo | Posted in | Posted on 1:30 AM

Funky Kota, atau yang lebih popular dengan sebutan Funkot, merupakan jenis musik yang sering dimainkan pada klub – klub dan diskotik di daerah Kota. Musik ini merupakan sub genre dari musik house atau funky dimana musik dimainkan dengan tempo upbeat dan dengan bass line yang menggema, sangat cocok untuk mengiringi para pengunjung ‘berajojing’ ria. Funky Kota sendiri merupakan pengembangan lanjut dari musik house dimana terdapat unsur – unsur musik lokal Indonesia yang dimasukkan seperti dangdut, campur sari, gamelan, dan sebagainya walaupun tidak selalu. Umumnya musik Funkot merupakan versi remix dari musik - musik lokal Indonesia yang sedang naik daun, namun tidak jarang pula para DJ Funkot yang me-remix musik – musik dari artis – artis luar negeri. Kata Funky Kota itu sendiri muncul dengan hanya menggabungkan kata Funky dan Kota yang digunakan untuk menyebut jenis musik disko yang sering dimainkan di daerah Kota. Funky Kota juga memiliki sebutan lain seperti House Kota, Timplung, dan Tung – Tung. Untuk sebutan yang terakhir, Tung –Tung, merupakan kata yang terbentuk berdasarkan bunyi dari musik Funky Kota itu sendiri yang menyerupai suara tung – tung – tung – tung. Musik ini kadang diidentikkan dengan musik terminal karena biasanya musik ini dimainkan pada diskotik di dekat terminal dimana pengunjungnya adalah para supir angkutan.



Tidak dapat dipastikan sejak kapan jenis musik ini lahir, namun beberapa pengamat musik berpendapat bahwa perkembangan musik ini tidak terlepas dari peran salah satu pelopor aliran musik ini yaitu grup musik Barakatak. Grup musik yang sebenarnya telah ada pada era 90-an ini baru terdengar dan terkenal oleh anak – anak muda sejak beberapa tahun lalu berkat jasa situs broadcast yang sangat terkenal yaitu Youtube. Barakatak mulai dikenal lewat video klip yang berjudul ‘Buka – bukaan’. Lagu tersebut merupakan versi remix dari lagu ‘dragostea din tei’ yang populer akibat film animasi ‘Chicken Little’. Lagu yang dipopulerkan oleh grup musik asal Moldova, O-Zone tersebut kemudian diparodikan, diganti liriknya menjadi bahasa Indonesia dan dikemas dengan video klip yang sangat jenaka. Dari situ lah nama Barakatak diingat sebagai keyword Youtube untuk video – video yang lucu. Mungkin sejak saat itulah semakin mencuatlah kata Fungky Kota ke kancah musik Indonesia. Namun selalu saja ada kontroversi, banyak orang yang mengkritik Barakatak hanya sebagai musik murahan, kampungan, dan hanya berfungsi sebagai gimmick saja.





Musik Funkot kembali mencuat ke permukaan sekitar tahun 2006 berkat sebuah grup musik anak muda kreatif yang menyebut diri mereka ‘Jalur Pantura’. Grup musik yang berprinsip ‘Pantang Pulang Sebelum Bergoyang’ tersebut memiliki live performance yang unik yaitu terdiri dari dua DJ dan sebelas penari tanpa koreografi yang menggunakan kostum – kostum yang kreatif pada setiap aksinya. Grup musik ini sempat sukses menjadi langganan pengisi acara – acara pentas seni SMA – SMA di sekitar Jakarta Selatan. Namun belakangan namanya mulai menghilang dan tidak terlihat lagi aksi panggungnya yang unik.



Sejak kemunculannya musik Funkot sering dibanding – bandingkan dengan ‘musik selatan’ yaitu musik – musik dance Top 40 buatan DJ luar negeri yang terkenal secara internasional dan sering dimainkan di klub – klub di bilangan Jakarta Selatan. Beberapa pendapat mengatakan bahwa musik Funkot dan musik selatan tidak dapat disejajarkan, musik Funkot tidak dapat dimainkan di klub – klub elit karena dapat memberikan kesan kampungan dan ‘norak’. Ini yang menyebabkan musik Funkot dipandang sebelah mata oleh beberapa kalangan. Banyak orang yang menganggap Funkot tidak dapat masuk ke segmen menengah – atas karena perbedaan tingkat selera, seperti musik dangdut dan musik pop. Padahal bayaran seorang DJ Funkot tidak berbeda dengan DJ genre lainnya, seorang DJ Funkot senior dapat meraup bayaran hingga 25 juta untuk satu show saja. Ini menunjukkan bahwa Funkot tidak murahan dan memiliki kapasitas sama dengan DJ – DJ lainnya.

Musik Funkot pastinya akan terus menuai kontroversi pro dan kontra, akan terus ada yang melemparkan kritik pedas akan keberadaan musik ini, dan ada pula yang terus memperjuangkan musik ini agar tetap eksis. Namun bila kita lihat secara positif, keberadaan Funkot dapat memberikan benefit bagi bangsa Indonesia, musik ini dapat dijadikan sebuah komoditi unik yang hanya ada di Indonesia yang dapat di-ekspor dan diperkenalkan kepada dunia sebagai sebuah sub-genre baru dari musik House dan Indonesia dapat menjadi kiblat musik Funkot dunia. Kita kembalikan masa kejayaan musik Indonesia seperti pada masa ‘The Tielman Brothers’ yang berhasil meng-influence musik – musik eropa sekelas ‘The Beatles’. Untuk menciptakan sebuah aliran musik baru tentunya tidaklah mudah, membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, musik ini kini telah menjadi salah satu budaya Indonesia yang merupakan aset yang tak ternilai bagi kita semua, seharusnya kita mengapresiasi hasil jerih payah saudara – saudara kita sebab kalau bukan kita siapa lagi yang dapat menjaga musik ini terus eksis dan tidak diakui pihak lain.

-nirwanirwan

Comments (27)

hahaha.yang lucu tuh yang dragosta din tei nya indonesia
ngakak gue ngeliatnya ! hahahaha

nice review..
power dari funkot/hardfunk juga terpengaruh dari karakter pumpin hard house (tapi dengan modifikasi letak kick). dan pelopornya ga hanya barakatak.. sebenernya ada banyak DJ indo juga yang ikut nyumbang ide scr langsung maupun nggak - krazy sandy, jockie saputra dll

wah keren review nya, ane aja baru tau kalo ada nama genre musik funkot *kalo musiknya si sering denger,cuma namanya baru tau* gara2 baru2 ini baca berita musisi yg cukup punya nama di jepang mau rilis single pake genre ini. http://www.girlsnews.tv/unit/62632

musiknya ada nuansa dangdutnya :))
http://www.youtube.com/watch?v=2CA4pzTJV_w&feature=plcp

nama yg cocok untuk funkot adalah DANCE MIX, mengemix seluruh EDM di planet ini. Karena di dalam funkot ada Trance, Dutch, Hindustani, Oriental, Dangdut, Happy Hardcore, House, Electro, etc.

Dance Mix (Funkot) adalah Bhinneka Tunggal Ika-nya EDM

Hidup Funkot.......tunjukan pada dunia klo genre Funkot juga g kalah hebohnya........

Review yg sangat menarik. Semua musik menurut saya sama level nya, tidak ada yg lebih tinggi atau rendah. Semua ada cara menikmati dr sisi dan cara yg berbeda. Kalau kita tidak senang dgn suatu musik, bukan berarti musik itu kampungan atau norak, mungkin kita yg belum faham cara menikmatan musik tersebut. Gw pernah denger Funkot di puter di club di Shibuya Jepang, Dan victoria Canada, Maju terus funkot!

Funkot tu asli Indonesia bro..
Di batam,popular bgt nii musik semua discotheque pake nii genre.. ampe org2 s'pore ama malaysia sewa DJ funkot buat show di tempat merekaa..
Hidup funkot!!!!!

Funkot tu asli Indonesia bro..
Di batam,popular bgt nii musik semua discotheque pake nii genre.. ampe org2 s'pore ama malaysia sewa DJ funkot buat show di tempat merekaa..
Hidup funkot!!!!!

Musik sampah selera para supir dan anak muda kelas alay

This comment has been removed by the author.

Jangankan di batam gan !!
Di Jepang aja rame bukan main .

Yg kagak demen Funkot .
Mending tanyak babe lu aja dah msh ingat musi "Ariking king king" tak wkwkwkw pisss ..

I'm funkoter. Menurut gua sich, funkot ini sudah jd ciri khas diskotik di Batam.

Mereka yang merendahkan funkot itu sok eropa..
Padahal kebatam aja belum pernah :v

Gue setuju ama lu gan..
INDONESIA JAYA
INDONESIA PASTI BISA

This comment has been removed by the author.

Ada yg tau kgak ya. Klo di jakarta diskotik mana yg muter lgu funkot??? Soalnya di batam biasa dnger lgu funkot sie

Golden crown brader

Funkot is my Life

Jangan merendahkan Funkot brooo....

kalo di jakarta itu yg genre funkot diskotik apa?

Golden crown brader

Funkot mantap, kalau blum ke batam jangan bilang funkot jelek y

Mantap reviewnya !! btw, ada yang punya link youtube Funkot di Jepang gak? udah lama denger gosip nya tapi belum pernah liat langsung di youtube *apalagi di jepangnya lsg :D. makasi sebelumnya! salam kenal semua. Cheers!

Keren

https://m.youtube.com/watch?time_continue=13&v=wB5AGKFuRtY

https://m.youtube.com/watch?time_continue=13&v=wB5AGKFuRtY

...meaning??... u punya/pernah ada masalah dgn supir??... silahkan ga suka musik apalah namanya itu... jgn lalu merendahkan suatu pekerjaan org lain.. bicara ttg selera tinggi & rendah, ngoceh ttg "CLASS" anak muda?..

sombong sekali u jd manusia :)

Mmgny pemahaman musik buat u sendiri apa sih?... baru denger YIDAKI sdh seperti maestro sj??

Melihat respond u... jam terbang u rendah.. u ga paham ttg musik.. vocab music u pun minim... otomatis u pun anak baru di music & kuping u BARU denger 2-3 genre..

1 pendidikan music buat u :

Kl u bicara genre... u bicara selera... & kl u bicara selera = ga absolut... sdkn music = universal!. .

Pasti ga ga paham :)) Hohoho...

Kl u cm suka jengkol bukan berarti steak makanan sampah, vice versa!... bule ga selera sm jengkol bukan berarti jengkol ga enak buat u kan?

U salah 1 contoh kelompok manusia yg dikenal dgn..

BIG MOUTH SMALL MINDED IDIOT!!!...

next time hide ur stupidity by shut ur mouth..
Peace :)

Post a Comment